0
Posted by Sisilia Firaisty in
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Berikut adalah RPP sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan pendekatan PMRI .

Pendahuluan
1.Apersepsi :Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Guru memotivasi peserta didik dengan memberikan penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi tersebut.

Kegiatan Inti
Eksplorasi
Kegiatan Guru 
1.Guru membagi siswa menjadi bebrapa kelompok dengan anggota kelompok berkemampuan sedang, tinggi, dan rendah sama(heterogen).
2.Guru memberikan permasalahan berupa perintah untuk menghitung jumlah anak laki-laki dan jumlah  anak perempuan yang ada didalam kelas dan meminta mereka membedakan antara pakaian laki-laki dan perempuan (terdapat simbol laki-laki dan perempuan).(Menggunakan konteks dan menggunakan model)
3.Guru membagikan LKS dan meminta siswa menentukan variabel, koefisien, konstanta, suku sejenis dan cara menyelesaikan soal tentang suku sejenis dan bukan suku sejenis.
4.Guru memantau kegiatan dan aktivitas siswa
5.Guru memantau seperlunya saja (ketika ada perintah yang kurang jelas)
Kegiatan siswa 
1.Siswa menuju kelompok masig-masing
2.Siswa mendengarkan secara seksama dan bertanya jika ada peintah yang kurang jelas.
3.Siswa mengerjakan LKS secara berdiskusi dengan anggota kelompok mereka.

Elaborasi
Kegiaan Guru
1.Guru meminta perwakilan anggota kelompo untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka.
2.Guru meminta kelompok lain untuk menanggapi dan memberikan pendapat kepada kelompok lain.
Kegiatan Siswa
1.Siswa maju kedepan kelas dan mempresentasikan hasil diskusi mereka.
2.Siswa secara aktif menanggapi dan memberikan komentar mereka terhadap kelompok lain.(Kontribusi siswa/Interaktifitas) 

Konfirmasi
Kegiatan Guru 
1.Guru memberikan umpan balik kepada siswa baik lisan maupun tulisan untuk mengecek apakah siswa sudah benar-benar paham pada konsep pada pembelajaran hari itu.
2.Guru memberikan Latihan secara individu untuk mengukur pemahaman siswa.

Penutup
Kegiatan Guru
1.Guru meminta siswa untuk menyimpulkan tentang hasil pembelajaran pada hari itu.
2.Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3.Guru memberikan PR
4.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari selanjutnya.(Intertwining)
Kegiatan Siswa
1.Para siswa menyimpulkan tentang hasil pembelajaran pada hari itu
 
 

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2013 Maknik Blog All rights reserved | Redesign Theme by Sikonyols.