0

Web Based Lesson



Pembelajaran Menggunakan Web Based Lesson

Berikut adalah media pembelajaran yang menggunakan web lain untuk mendukung proses pembelajaran dimana materi yang saya ambil mengenai bagian-bagian dan volume kubus dimana materi ini berada pada SMP kelas VIII semester 2.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Jenjang Sekolah : SMP/MTs
Mata pelajaran : Matematika
Kelas / semester : VIII/ genap
Alokasi waktu : 45 menit



A. STANDAR KOMPETENSI
5. Mamahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.

B. KOMPETENSI DASAR
5.3 Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas.

C. INDIKATOR
1. Memahami sifat-sifat kubus dan mampu menetukan bagian-bagian dari kubus 
2. Menentukan rumus volume kubus.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
 Setelah dilakukan proses pembelajaran berbasis online, siswa diharapkan mampu:
1. Memahami sifat-sifat kubus dan mampu menetukan bagian-bagian dari kubus 
2. Memahami penerapan konsep volume kubus terhadap permasalahan dalam kehidupan sehari-hari
3. Menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus

E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengetahuan Prasyarat
- Siswa mengetahui rumus luas persegi
- Siswa mengetahui sifat-sifat kubus
- Siswa mengetahui jaring-jaring kubus

2. Materi Pokok

KUBUS
Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang berbentuk bujur sangkar.
Ada begitu banyak contoh benda-benda dalam kehidupan sehari-hari kita yang bentuknya seperti kubus diantaranya :




Itu merupakan benda-benda yang merupakan contoh dari bangun ruang yaitu kubus,pada Web Based Lesson kali ini lebih difokuskan pada pembahasan unsur-unsur dan volume kubus.
Kubus
Selain contoh-contoh bentuk kubus dalam kehidupan sehari-hari diatas sering juga ditemui dalam permainan anak sehari hari yaitu permainan monopoly yang menggunakan buah dadu.


Unsur-unsur kubus :
1.terdapat 8 buah titik sudut
2.terdapat 12 rusuk
3.terdapat 6 sisi
4.terdapat 4 buah diagonal ruang

Volume kubus :
Volume kubus dapat dicari dengan cara menghitung :
Volume kubus = rusuk × rusuk × rusuk
Apabila panjang rusuk-rusuk kubus dinyatakan dengan s maka volumenya :

V = s × s × s


F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Video Mengenai Jaring-Jaring Kubus  
Sebagaimana pada awal pembelajaran guru mengingatkan kembali materi prasyarat mengenai jaring-jaring kubus,sebagaimana materi tentang bangun datar tepatnya jaring-jaring kubus dan balok sudah dipelajari di SD (informasi saya peroleh dari buku Matematika SD) ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran dan sebagai alat bantu siswa dalam membangun pengetahuan baru mereka.Berikut ini adalah Video yang menunjukkan macam-macam jaring kubus :

 
berikut link youtubenya :
https://www.youtube.com/watch?v=HQ3pWQ9tQsc

Setelah video diperlihatkan maka 
Kegiatan guru : 
1.Guru meminta siswa untuk menggambarkan bentuk lain jaring-jaring kubus.Untuk mengecek pengetahuan prasyarat siswa.
Kegiatan siswa :
2.Siswa menggambarkan bentuk jaring-jaring kubus.

2.Video Mengenai Unsur-Unsur Kubus 
Pada video ini dipaparkan mengenai bagian-bagian kubus dalam bentuk animasi, sehingga siswa tertarik dan bersemangat untuk mengikuti pembelajaran pada hari itu.

berikut link youtubenya :
https://www.youtube.com/watch?v=N5Yexc8Y9hk

Setelah video diperlihatkan 
Kegiatan guru :  
1.Guru meminta perwakilan tiap-tiap kelompok siswa untuk menjelaskan kembali yang mana yang merupakan sisi,rusuk dan permukaan dari kubus.  
Kegiatan siswa : 
2.Perwakilan dari tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka tentang sisi,rusuk dan permukaan dari kubus, siswa mendengarkan dan menanggapi hasil dari kelompok lain.

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi unsur-unsur kubus

3.Video Mengenai Menemukan Rumus Volume Kubus


https://www.youtube.com/watch?v=C7qW-sevgXI&feature=endscreen&NR=1
video ini berdurasi kurang lebih 25menit, Proses pembuktian rumus volume kubus tersebut terdapat pada menit ke 10.00 

Setelah video diperlihatkan
Kegiatan guru : 
1.Guru bertanya pada siswa ada berapa kali "si murid dalam video" menuangkan beras menggunakan cetakan kubus kecil yang berukuran 1 satuan ke kotak transfaran besar berbentuk kubus.
2.Guru meminta siswa untuk menghitung berapa banyak kubus kecil dengan ukuran 1 satuan yang dimasukkan ke kotak transfaran besar berbentuk kubus dimana panjang rusuknya 3 satuan. 
3.Sebagaimana pada video pembelajaran yang kedua siswa sudah paham mengenai rusuk, sisi, dan permukaan dari kubus, lalu guru meminta siswa untuk menemukan rumus dari volume kubus dengan mengaitkan panjang rusuk 3 satuan dengan jumlah kubus kecil yang dimasukkan kedalam kotak transparan berbentuk kubus.
Kegiatan siswa : 
1.Siswa menjawab ada 27 kali bu. 
2.Siswa menjawab lagi ada 27 kubus kecil dengan ukuran 1satuan bu. 
3.Siswa secara berkelompok untuk menemukan rumus volume kubus dari video yang disajikan.

untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi volume kubus

G. INSTRUMENBerikut ini contoh soal-soal mengenai kubus
http://isjustyogaa.blogspot.com/2011/11/contoh-soal-matematika-dan-kunci.html
http://www.meetmath.com/461063-materi-dimensi-tiga-kubus.html

Copyright © 2013 Maknik Blog All rights reserved | Redesign Theme by Sikonyols.