0

Aritmatika Sosial

Posted by Sisilia Firaisty in

Disini saya memasukkan RPP aritmatika sosial , dimana materinya saya sajikan melalui pendekatan PMRI. Dimana KARAKTERISTIK pendekatan PMRI , yaitu :

1. Menggunakan Konteks (Using Conteks)                                                                         
memberikan maslah kepada siswa dengan menggunakan konteks dalam kehidupan sehari-hari siswa sehingga siswa paham tujuan pembelajaran dan mereka merasa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran.Pada meteri aritmatika sosial ini konteks yang bisa kita berikan adalah mengenai jual beli yang ada dipasar.

2. Menggunakan Models (Using Models)  
Pada materi Aritmatika Sosial ini kita menggunakan pemodelan yang dibuat siswa itu sendiri, dengan kata lain mereka mengubah bahasa umum menjadi bahasa matematika (proses generalisasi dan formalisasi yang nantinya menjadi satu kesatuan tersendiri menjadi model matematika)

3. Kontribusi Siswa ( Student Contribution )
Pada bagian ini para siswa dituntut untuk berpikir, berdiskusi untuk menemukan sendiri penyelesiaan dari masalah yang sudah diberikan

4. Interaktivitas (Interactivity)
Proses pembeljaran terjadi karena adanya komunikasi antar siswa  serta antara siswa dengan guru melalui dikusi kelas maupun kelompok.

5. Keterkaitan (Intertwining)
Yaitu dengan mengaitkan antara materi satu dengan materi lain.


RPP aritmatika sosial menggunakan pendekatan PMRI

pendahuluan 
Kegiatan guru 
1.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 
2.Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan memberi penjelasan tentang petingnya materi yang akan dipelajari
Kegiatan siswa
1.Siswa mendengarkan penjelasan guru
2.Siswa mendengrakan penjelasan guru


Kegiatan Inti
Eksplorasi
Kegiatan guru
 1.Guru mengkondisikan siswa dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang dengan kemampuan siswa pandai, sedang, dan rendah sama (heterogen).
2.Guru memberikan masalah berupa apa itu pengertian untung dan rugi dan bagaimana menentukannya.
3.Guru memberi pengarahan agar  mereka seolah-olah menjadi seorang pembeli dan penjual seperti di pasar.
 (Menggunakan konteks dan menggunakan models )
4. Guru memantau kegiatan disetiap kelompok. 
Kegiatan  siswa
1.Siswa menuju kelompok mereka masing-masing
2.Siswa menerima LKS yang berisi maslah yang diberikan oleh guru
3.Siswa mendengarkan penjelasan guru 
4.Siswa memperaktekkan dan  menanggapi penjelasan kelompok lain 
(Produksi atau kontribusi siwa) 

Elaborasi
 Kegiatan guru
1.Guru meminta perwakilan dari kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka 
2.Guru meminta siswa untuk mendengarkan dan menanggapi penjelasan dari kelompok lain.
 Kegiatan siswa
1.Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok  mereka(Produksi atau kontribusi siswa dan Interaktifitas)
2.Siswa mendengarkan dan menanggapi  penjelasan dari kelompok lain

Konfirmasi
Kegiatan guru
1.Guru memberikan umpan balik positif kepada siswa baik dalam bentuk lisan maupun tulisan tentang pengertian untung, rugi.
2.Guru memberikan latihan kepada siswa secara individu untuk mengukur pemahaman sisw aterhadap pembelajaran pada hari itu.
 Kegiatan siswa
1.Siswa menanggapi umpan balik yang diberikan guru
2.Siswa mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru. 

Penutup
Kegiatan guru
1.Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
2.Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
3.Guru menyampaikan materi erikutnya dan memberikan PR
Kegiatan siswa
1.Siswa secara bersama-sama menyimpulkan pembelajran pada hari itu 
2.Siswa mendengarkan penjelasan guru (Intertwining)
  

 











0 Comments

Poskan Komentar

Copyright © 2013 Maknik Blog All rights reserved | Redesign Theme by Sikonyols.