1
Posted by Sisilia Firaisty
Unsur-unsur lingkaran 

ini adalah pptyang saya buat sendiri dengan menggunakan ispring .



0
Posted by Sisilia Firaisty in

PROFIL BLOG 

 Hello World !
Kata yang pasti tidak asing lagi bagi mereka yang suka dengan alpro ?
Oke, kita nggak bakal bahas alpro, nggak juga bahas juga eyang subur.

Saya cuma mau bilang, bahwa blog MAKNIK TELAH BERNYAWA !

Apakah itu MAKNIK ? Blog jenis apakah itu ?

Baiklah, memang paling sulit itu adalah perkenalan. Tapi, ya nggak apa deh, saya bakal melakukannya, supaya kalian juga terarah.

MAKNIK adalah singkatan dari Matematika Menarik dan Unik.
Dimana saya ingin mengajak para siswa untuk berpikir bahwa Matematika itu Menarik dan juga Unik sehingga yang tadinya matematika mejadi momok bagi siswa sekarang bisa menjadi teman mereka sehingga mereka Tertarik untuk belajr matematika .Mengapa Unik karena matematika ada disemua  lapisan masyarakat.
Jadi, pembuatan blog ini bukan hanya bagian dari "tugas" yang diberikan oleh dosen, namun makin ke ujung saat ini, saya malah ingin lebih serius dalam belajar blog, (aamin). Dan saya berusaha agar, tidak "memakai" kata sekedar tugas.

Blog ini special bagi kalian yang menyukai dengan dunia matematika, karena saya fokus isi dari blog ini lebih ke konten yang bertema MATEMATIKA.

Bisa dilihat pada halaman di blog saya ini, ada 3 kategori :

1. Materi Matematika
2. Game Matematika
3. Madia Pembelajaran Matematika 

untuk lebih jelas sebaiknya membuka blog melalui google chrome,karena akan lebih jelas tampilanya saat kita membuka laman game dan media..

Oke, segitu aja dulu ya....
Ini juga merupakan postingan perdana !

Selamat beraktivitas yaw :D

0
Posted by Sisilia Firaisty in
Unsur-unsur Lingkaran
Ini adalah ppt tentang unsur-unsur lingkaran yag saya buat sendiri dengan menggunakan ispring  ,hehe





0
Posted by Sisilia Firaisty in
ppt Aritmatika sosial

arirmetika-sosial1 by sicilia firaisti


0
Posted by Sisilia Firaisty in
Soal-soal Bangun Ruang
 

0
Posted by Sisilia Firaisty in
BERITA SEPUTAR PENDIDIKAN !!

0
Posted by Sisilia Firaisty in
Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai Pendekatan Konstruktivisme yang saya post melalui blog Unsri .

Ciri-Ciri Pendekatan Konstruktivisme

0
Posted by Sisilia Firaisty in
 Silahkan klik link bangun ruang untuk melihat penjelasan yang lebih lengkap :

Bangun Ruang
Balok by sicilia firaisti

0
Posted by Sisilia Firaisty in

RPP Kesebangunan ( CTL ) by sicilia firaisti


0
Posted by Sisilia Firaisty in

0
Posted by Sisilia Firaisty in

0
Posted by Sisilia Firaisty in
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Berikut adalah RPP sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan pendekatan PMRI .

Pendahuluan
1.Apersepsi :Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Guru memotivasi peserta didik dengan memberikan penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi tersebut.

Kegiatan Inti
Eksplorasi
Kegiatan Guru 
1.Guru membagi siswa menjadi bebrapa kelompok dengan anggota kelompok berkemampuan sedang, tinggi, dan rendah sama(heterogen).
2.Guru memberikan permasalahan berupa perintah untuk menghitung jumlah anak laki-laki dan jumlah  anak perempuan yang ada didalam kelas dan meminta mereka membedakan antara pakaian laki-laki dan perempuan (terdapat simbol laki-laki dan perempuan).(Menggunakan konteks dan menggunakan model)
3.Guru membagikan LKS dan meminta siswa menentukan variabel, koefisien, konstanta, suku sejenis dan cara menyelesaikan soal tentang suku sejenis dan bukan suku sejenis.
4.Guru memantau kegiatan dan aktivitas siswa
5.Guru memantau seperlunya saja (ketika ada perintah yang kurang jelas)
Kegiatan siswa 
1.Siswa menuju kelompok masig-masing
2.Siswa mendengarkan secara seksama dan bertanya jika ada peintah yang kurang jelas.
3.Siswa mengerjakan LKS secara berdiskusi dengan anggota kelompok mereka.

Elaborasi
Kegiaan Guru
1.Guru meminta perwakilan anggota kelompo untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka.
2.Guru meminta kelompok lain untuk menanggapi dan memberikan pendapat kepada kelompok lain.
Kegiatan Siswa
1.Siswa maju kedepan kelas dan mempresentasikan hasil diskusi mereka.
2.Siswa secara aktif menanggapi dan memberikan komentar mereka terhadap kelompok lain.(Kontribusi siswa/Interaktifitas) 

Konfirmasi
Kegiatan Guru 
1.Guru memberikan umpan balik kepada siswa baik lisan maupun tulisan untuk mengecek apakah siswa sudah benar-benar paham pada konsep pada pembelajaran hari itu.
2.Guru memberikan Latihan secara individu untuk mengukur pemahaman siswa.

Penutup
Kegiatan Guru
1.Guru meminta siswa untuk menyimpulkan tentang hasil pembelajaran pada hari itu.
2.Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3.Guru memberikan PR
4.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari selanjutnya.(Intertwining)
Kegiatan Siswa
1.Para siswa menyimpulkan tentang hasil pembelajaran pada hari itu
 
 

0

Aritmatika Sosial

Posted by Sisilia Firaisty in

Disini saya memasukkan RPP aritmatika sosial , dimana materinya saya sajikan melalui pendekatan PMRI. Dimana KARAKTERISTIK pendekatan PMRI , yaitu :

1. Menggunakan Konteks (Using Conteks)                                                                         
memberikan maslah kepada siswa dengan menggunakan konteks dalam kehidupan sehari-hari siswa sehingga siswa paham tujuan pembelajaran dan mereka merasa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran.Pada meteri aritmatika sosial ini konteks yang bisa kita berikan adalah mengenai jual beli yang ada dipasar.

2. Menggunakan Models (Using Models)  
Pada materi Aritmatika Sosial ini kita menggunakan pemodelan yang dibuat siswa itu sendiri, dengan kata lain mereka mengubah bahasa umum menjadi bahasa matematika (proses generalisasi dan formalisasi yang nantinya menjadi satu kesatuan tersendiri menjadi model matematika)

3. Kontribusi Siswa ( Student Contribution )
Pada bagian ini para siswa dituntut untuk berpikir, berdiskusi untuk menemukan sendiri penyelesiaan dari masalah yang sudah diberikan

4. Interaktivitas (Interactivity)
Proses pembeljaran terjadi karena adanya komunikasi antar siswa  serta antara siswa dengan guru melalui dikusi kelas maupun kelompok.

5. Keterkaitan (Intertwining)
Yaitu dengan mengaitkan antara materi satu dengan materi lain.


RPP aritmatika sosial menggunakan pendekatan PMRI

pendahuluan 
Kegiatan guru 
1.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 
2.Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan memberi penjelasan tentang petingnya materi yang akan dipelajari
Kegiatan siswa
1.Siswa mendengarkan penjelasan guru
2.Siswa mendengrakan penjelasan guru


Kegiatan Inti
Eksplorasi
Kegiatan guru
 1.Guru mengkondisikan siswa dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang dengan kemampuan siswa pandai, sedang, dan rendah sama (heterogen).
2.Guru memberikan masalah berupa apa itu pengertian untung dan rugi dan bagaimana menentukannya.
3.Guru memberi pengarahan agar  mereka seolah-olah menjadi seorang pembeli dan penjual seperti di pasar.
 (Menggunakan konteks dan menggunakan models )
4. Guru memantau kegiatan disetiap kelompok. 
Kegiatan  siswa
1.Siswa menuju kelompok mereka masing-masing
2.Siswa menerima LKS yang berisi maslah yang diberikan oleh guru
3.Siswa mendengarkan penjelasan guru 
4.Siswa memperaktekkan dan  menanggapi penjelasan kelompok lain 
(Produksi atau kontribusi siwa) 

Elaborasi
 Kegiatan guru
1.Guru meminta perwakilan dari kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka 
2.Guru meminta siswa untuk mendengarkan dan menanggapi penjelasan dari kelompok lain.
 Kegiatan siswa
1.Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok  mereka(Produksi atau kontribusi siswa dan Interaktifitas)
2.Siswa mendengarkan dan menanggapi  penjelasan dari kelompok lain

Konfirmasi
Kegiatan guru
1.Guru memberikan umpan balik positif kepada siswa baik dalam bentuk lisan maupun tulisan tentang pengertian untung, rugi.
2.Guru memberikan latihan kepada siswa secara individu untuk mengukur pemahaman sisw aterhadap pembelajaran pada hari itu.
 Kegiatan siswa
1.Siswa menanggapi umpan balik yang diberikan guru
2.Siswa mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru. 

Penutup
Kegiatan guru
1.Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
2.Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
3.Guru menyampaikan materi erikutnya dan memberikan PR
Kegiatan siswa
1.Siswa secara bersama-sama menyimpulkan pembelajran pada hari itu 
2.Siswa mendengarkan penjelasan guru (Intertwining)
  

 











0

Maknik Telah Bernyawa !

Posted by Sisilia Firaisty in
Hello World !
Kata yang pasti tidak asing lagi bagi mereka yang suka dengan alpro ?
Oke, kita nggak bakal bahas alpro, nggak juga bahas juga eyang subur.

Saya cuma mau bilang, bahwa blog MAKNIK TELAH BERNYAWA !

Apakah itu MAKNIK ? Blog jenis apakah itu ?

Baiklah, memang paling sulit itu adalah perkenalan. Tapi, ya nggak apa deh, saya bakal melakukannya, supaya kalian juga terarah.

MAKNIK adalah singkatan dari Matematika Menarik dan Unik.
Dimana saya ingin mengajak para siswa untuk berpikir bahwa Matematika itu Menarik dan juga Unik sehingga yang tadinya matematika mejadi momok bagi siswa sekarang bisa menjadi teman mereka sehingga mereka Tertarik untuk belajr matematika .Mengapa Unik karena matematika ada disemua  lapisan masyarakat.
Jadi, pembuatan blog ini bukan hanya bagian dari "tugas" yang diberikan oleh dosen, namun makin ke ujung saat ini, saya malah ingin lebih serius dalam belajar blog, (aamin). Dan saya berusaha agar, tidak "memakai" kata sekedar tugas.

Blog ini special bagi kalian yang menyukai dengan dunia matematika, karena saya fokus isi dari blog ini lebih ke konten yang bertema MATEMATIKA.

Bisa dilihat pada halaman di blog saya ini, ada 3 kategori :

1. Materi Matematika
2. Game Matematika
3. Madia Pembelajaran Matematika 

 Untuk lebih jelas sebaiknya membuka blog melalui google chrome,karena akan lebih jelas tampilanya saat kita membuka laman game dan media..

Oke, segitu aja dulu ya....
Ini juga merupakan postingan perdana !

Selamat beraktivitas yaw :D

Copyright © 2013 Maknik Blog All rights reserved | Redesign Theme by Sikonyols.